Melihat Karya Sains Anak Muda di L’Oreal Science Fair

Jakarta, CNN Indonesia — Kamu ingin melihat anak-anak muda memamerkan karya-karya sains mereka? Datang yuk ke Gedung A di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hari ini digelar L’Oreal Science Fair yang memamerkan eksperimen sains dan aneka workshop untuk siswa dan guru.

Acara ini adalah puncak kompetisi tahunan L’Oreal Girls in Science 2017 yang tahun ini bertema “Community Impact”. Para peserta diajak menemukan solusi dari permasalahan di sekitar mereka, sehingga bisa memberi dampak bagi masyarakat.

Tahun ini, kompetisi ini telah menerima 50 proposal yang kemudian disaring menjadi 8 finalis. Nah, karya dari ke-8 finalis itu bisa kamu saksikan di acara itu.

Acara L’Oreal Science Fair, yang dihadiri banyak sekali siswa dari 150 SMA dan sederajat di DKI Jakarta, ini akan dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendi dan Presiden Direktur L’Oreal Indonesia, Umesh Phadke.

Pada acara pembukaan juga diputar video dari B.J. Habibie, Presiden keempat RI, yang mengatakan baahwa sains dan penelitian adalah pondasi penting bagi bangsa. Denagn sains, peradaban dapat maju dan lebih baik.

“Kita tidak butuh banyak ilmuwan, tapi yang kita butuhkan adalah ilmuwan sejati, yang tidak hanya mengejar ilmu tapi juga melakukan penerapan dari hasil temuan dan pembelajaran untuk menjawab permasalahan yang ada,” kata Habibie.

Sedang Menteri Muhadjir mengatakan pendidikan sains dapat menjawab tantangan pembangunan global berkelanjutan, seperti ketimpangan pembangunan, kemiskinan, kesehatan, krisis energi, dan kerusakan lingkungan.

“Ajang ini bisa menjadi ajang unjuk gigi ilmuwan muda Indonesia serta membuka mata generasi muda akan beragam profesi yang ditawarkan sains,” katanya.

Adapun Umesh Phadke mengatakan, L’Oreal sudah mengembangkan industri kecantikan selama 38 tahun dan menyadari pentingnya regenerasi. “Kami percaya bahwa edukasi adalah instrumen penting untuk terus melahirkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Edukasi seharusnya tidak dibatasi dinding kelas karena edukasi bisa dilakukan di mana saja termasuk di luar kelas,” katanya.

Sumber gambar fitur: http://www.loreal.co.id

Sumber: https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20170726094721-445-230371/melihat-karya-sains-anak-muda-di-loreal-science-fair/