Perkuat Kualitas Guru PAUD Lewat Pelatihan Berbasis Daring

Bandung, Gatra.com- Dari total 552.894 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Indonesia, baru sebanyak 47,79% berkualifikasi sarjana. Jumlah itu pun tidak semua memiliki kuaifikasi pendidikan yang relevan dengan PAUD.

Kualifikasi guru PAUD di Indonesia belum memenuhi kondisi ideal. Sebab sebagian besar mereka adalah lulusan SMA atau sederajat. Serta sejumlah kecilnya masih dibawah jenjang SMP atau sederajat.

Untuk meningkatkan kualitas guru PAUD dengan cepat dan mensarjanakan mereka, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Direktorat PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) tengah menggiatkan pelatihan dan kursus berbasis daring yang bisa diakses darimana saja.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar PAUD mengharuskan guru PAUD minimal berpendidikan Sarjana dengan bidang relevan PAUD atau Sarjana Psikologi. Sedangkan guru pendamping PAUD minimal SMA atau sederajat dengan memiliki sertifikat pelatihan PAUD.

Tahun 2016 lalu ada sebanyak 13.500 guru PAUD telah mengikuti pembelajaran daring. “Angka ini akan berlipat ganda setiap tahunnya,” kata Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas, Harris Iskandar pada Forum Kebijakan Pendidikan dan Pembelajaran Orang Dewasa Se- Asia Tenggara : Janji, Permasalahan dan Peluang Pembelajaran Daring Terbuka di Bandung, Senin(18/12).

Dalam Forum Se-Asia Tenggara yang dilaksanakan pada 18-20 Desember ini juga dibahas mengenai pelatihan kepada Guru PAUD lewat media daring. Kegiatan ini merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia dengan UNESCO Institute for Life long Learning (UIL), Hamburg-Germany dan Southeast Asian Ministers of Education Organisation Regional Centre for Life long Learning (SEAMEOCELLL). “Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan ketersediaan kesempatan belajar daring terbuka bagi orang dewasa di kawasan Asia Tenggara,” kata Kepala Pusat Pengembangan PAUD dan Dikmas Jawa Barat Kemdikbud, Muhammad Hasbi.

Editor: Birny Birdieni

Sumber: https://www.gatra.com/nusantara/nasional/300042-perkuat-kualitas-guru-paud-lewat-pelatihan-berbasis-daring