Pendidikan Berkualitas Jadi Komitmen Utama Pemerintah

London – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pendidikan berkualitas yang merata dan pembelajaran seumur hidup (ensure equitable quality education and lifelong learning), dalam penyusunan Agenda Pendidikan Global menyongsong tahun 2030.

(Dok.: KWRI UNESCO)

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, di hadapan Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova, kepada sekitar 1500 peserta World Education Forum 2015 (WEF 2015) di Incheon, Repubulik Korea.

Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO, T. A. Fauzi Soelaiman menyebutkan, World Education Forum merupakan forum yang diselenggarakan UNESCO bekerja sama dengan badan PBB lainnya terkait dengan masalah pendidikan, antara lain yaitu UNICEF, UNDP, UN Women, UNFPA, UNHCR, dan Bank Dunia.

Dalam acara World Education Forum 2015 di Incheon, Korea, Mendikbud mengatakan semangat, arah dan fokus agenda pendidikan global dianggap sejalan dengan salah satu cita-cita Indonesia sebagaimana tercantum Pembukaan UUD 1945 yaitu “mencerdaskan kehidupan bangsa.”

(Dok.: KWRI UNESCO)

Forum bertujuan untuk mencari posisi bersama di antara negara-negara anggota PBB dalam rangka penyusunan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu Agenda Pembangunan Global menyongsong tahun 2030, yang salah satu targetnya termasuk bidang pendidikan. WEF 2015 dihadiri lebih dari 150 negara dengan lebih dari 130 pejabat tinggi setingkat Menteri.

Indonesia terpilih sebagai salah satu dari dua puluh satu negara yang dapat menyampaikan national statement terkait rencana Indonesia dalam menyusun agenda pendidikan nasional.

Secara khusus, pihak UNESCO mengundang Mendikbud menjadi panelis dalam diskusi paralel bertema “Operationalizing Lifelong Learning” untuk menjelaskan apa yang telah dan akan Indonesia lakukan dalam melaksanakan program pembelajaran seumur hidup.

Di sela-sela kegiatan World Education Forum, Mendikbud mengadakan pertemuan bilateral dengan pihak International Bureau of Education (IBE), World Bank, dan OECD, untuk membicarakan isu-isu pendidikan.

Dalam Forum ini delegasi Indonesia dipimpin Mendikbud, Anies Baswedan dengan anggota delegasi, antara lain, Kepala Biro PKLN Kemdikbud, Ananto Kusuma Seta; Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kemdikbud, Ella Yulaelawati.

Selain itu Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam; Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rachman; Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO, T. A. Fauzi Soelaiman.

Galeri Foto: World Education Forum 2015

Sumber: http://www.beritasatu.com/pendidikan/276793-pendidikan-berkualitas-jadi-komitmen-utama-pemerintah.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *